Welcome To My Imajination

Selamat Datang di Dunia 3Dimensi
Terima Kasih Sudah Berkunjung Saya berharap Blog ini bisa tampil lebih baik lagi tentunya harapan itu merupakan harapan kita semua.. karna itu saya butuh Masukan, Kritikan dan Saran dari teman-teman semua untuk memaksimalkan isi blog ini, sekali lagi Selamat Berkunjung semoga blog ini bermanfaat bagi anda...
@ Creat: By Abank.

Jumat, 24 Desember 2010

TIPS MERENDER ANIMASI 3Ds MAX

Tips merender animasi 3ds Max
Animasi adalah kumpulan beberapa scene yang di render secara berkesinambungan dan terus menerus. Jadi bisa anda bayangkan jika satu gambar memakan waktu render 5 menit, berapa lama waktu yang di butuhkan untuk merender animasi berdurasi 30 detik yang terdiri dari 1200 frame. Maka dari itu kita perlu mensiasati settingan kita hingga kita dapat mengurangi waktu render yang memakan waktu.
Beberapa hal yang perlu di perhatikan :
  • System Render
Seperti yang telah saya jelaskan pada artiel sebelumnya, v-ray merupakan system render yang menhasilkan kualitas renderan paling bagus, tetapi sangat memakan waktu. V-ray tidak cocok untuk di gunakan pada animasi. Maka kita akan menggunakan mental ray sebagai system render yang menghemat waktu.



  • Material
Material yang di gunakan dalam scene sebisa mungkin di rendahkan reflectionnya, karena hal ini mepengaruhi waktu render. Kita bisa menggunakan Arch design material yang telah di sediakan oleh 3ds max.


  • Kualitas render
Di settingan render, final gather kita bisa menaikkan kualitas render hingga very high, tapi itu akan memakan waktu render yang cukup lama, kita cukup menggunakan low setting. Jangan lupa untuk mencheck list final gather, dan global illumination. Karena dalam scene animasi kamera terus bergerak sehingga detail setiap scene tidak akan terlalu terlihat. Dengan menggunakan low setting anda dapat menghemat banyak waktu.



  • Pembagian frame render
Merender scene animasi dari frame 0 sampai 1200 bisa memakan waktu lebih dari 6 jam. Bagaimana jika dalam proses render terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti mati lampu, atau komputernya error. Sangat di sayangkan, karena proses render tidak dapat di save, jika computer mati di tengah jalan, kita harus mengulanginya dari frame 0 kembali. Tentu kita tidak mau mengambil resiko tersebut. Solusinya adalah membagi frame render. Pembagian frame render tergantung kepada kualitas computer masing-masing. Saya pribadi membagi per 200 frame yang memakan waktu 1 jam setiap bagiannya. Jadi kita bisa menguranggi resiko seperti di sebutkan di atas. Setelah selesai semuanya kita bisa menggabungkannya di program video editor apa saja. Yang paling gampang kita bisa memakai windows movie maker, karena merupakan program bawaan windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar