GARASI
Untuk tutorial 3D MAX kali ini, saya akan memberitahukan bagaimana cara membuat objek rumput, jadi seperti gambar yang anda lihat disamping ini.
Berikut langkah-langkah dalam membuat objek rumput.
• Aktifkan viewpoint Front dan tekan kombinasi tombol Alt+W pada keyboard sehingga yang aktif di layar monitor kita hanya viewpoint Front saja.
• Pada panel Create pilih Shapes dan klik tombol Line.
• Hilangkan tanda cek pada pilihan Optimize di bagian Interpolation dan ganti nilai Steps : 4.
• Buka bagian Keyboard Entry dan tambahkan titik-titik koordinat berikut pada viewpoint Front X,Y,Z : -3,0,0 dan 3,0,0 dan 0,200,0, jika sudah selesai tekan tombol Close.
• Untuk melihat objek lebih jelas klik tool Zoom Extents.
• Ganti nama objek tersebut dengan “Rumput01” di bagian atas panel Modify.
• Aktifkan panel Hierarchy dan klik tombol Affect Pivot Only dan klik kiri tool Select and Move di Toolbar dan kemudian klik kanan pada tool tersebut sehingga jendela Move Transform Type-In menjadi aktif.
• Di bagian bawah Absolute Word masukkan nilai 0,0,0 untuk semua X,Y,Z dan kemudian tutup jendela tersebut.
• Klik tombol Affect Pivot Only sekali lagi pada panel Hierarchy untuk menon-aktifkannya.
• Selagi objek Rumput01 masih dalam keadaan terseleksi, dari menu Tool pilih Array, kemudian pada jendela Array isi nilai X : 200 pada bagian Incremental, dan ganti nilai ID Count dengan 4 pada bagian Array Dimensions, dan pilih Copy pada bagian Type of Object, kemudian tekan tombol OK.
• Klik tool Zoom Extents untuk melihat 4 objek rumput dengan jelas.
• Pilih objek Rumput01 (yang paling kiri), dan dari panel Modify tambahkan Bend, kemudian isi nilai Angle : 20, Direction : 90, Bend Axis : Y.
• Rumput02 dan dari panel Modify tambahkan Bend, kemudian isi nilai Angle : 40, Direction : 90, Bend Axis : Y, tandai pilihan Limit Effect dan isi nilai Upper Limit : 150.
• Rumput03 dan dari panel Modify tambahkan Bend, kemudian isi nilai Angle : 70, Direction : 90, Bend Axis : Y, tandai pilihan Limit Effect dan isi nilai Upper Limit : 150.
• Rumput04 dan dari panel Modify tambahkan Bend, kemudian isi nilai Angle : 130, Direction : 90, Bend Axis : Y.
• Selanjutnya buka jendela Material Editor dengan menekan M pada keyboard.
• Kemudian pilih 4 buah slot dan beri nama masing-masing sbb : MatRumpu01, MatRumpu02, MatRumpu03, dan MatRumpu04.
• Setelah itu atur masing-masing material, untuk MatRumput01, warna Diffuse = RGB : 50,130,50, Glossiness : 50, Specular Level : 40 dan beri tanda cek pada pilihan 2-Sided di bagian Shader Basic Parameters.
• MatRumput02, warna Diffuse = RGB : 110,150,0, Glossiness : 50, Specular Level : 85 dan beri tanda cek pada pilihan 2-Sided di bagian Shader Basic Parameters. • MatRumput03, warna Diffuse = RGB : 60,110,40, Glossiness : 50, Specular Level : 85 dan beri tanda cek pada pilihan 2-Sided di bagian Shader Basic Parameters.
• MatRumput04, warna Diffuse = RGB : 70,140,70, Glossiness : 50, Specular Level : 85 dan beri tanda cek pada pilihan 2-Sided di bagian Shader Basic Parameters.
• Selanjutnya pilih objek pada viewpoint dan terapkan material yang telah anda dibuat sesuai namanya misalnya objek Rumput01 dengan MatRumput01 begitupun dengan objek lainnya, jika sudah selesai tutup jendela Material Editor.
• Sekarang aktifkan viewpoint Top dengan menekan T pada keyboard.
• Buatlah sebua objek geometry Box dengan nilai ukuran dan posisi yang anda harus masukkan pada bagian Keyboard Entry yaitu sbb : X=-200, Y=200, Z=0, Length=400, Width=400, Height=1, dan tekan tombol Create untuk membuat objek.
• Ganti namanya dengan “Dataran” dan klik tool Zoom Extents untuk melihat semua objek dengan jelas. • Pilih objek Rumput01 dan pada panel Utilities klik tombol Reset Xform dan Reset Selected dan kemudian pada panel Modify klik kanan pada bagian subobjek dan pilih Collapse All, dan pilih Yes dari kotak dialog Warning.
• Ulangi proses di atas untuk ke 3 objek rumput lainnya. • Pilih objek Rumput01 dan pada panel Create pilih Geometry dan ganti Standard Primitive dengan Compound Objects kemudian klik tombol Scatter.
• Klik tombol Pick Distribution Object dan klik Object Daratan pada viewpoint. Kemudian atur beberapa nilai berikut : di bagian Display pilih Proxy, Display : 10, tandai pilihan Hide Distribution Object, di bagian Scatter Object isi nilai Duplicates : 10000, Base Scale : 10, hilangkan tanda cek pada pilihan Perpendicular, dan pilih Area di Distribute Using, di bagian Transforms isi nilai Rotation X:10, Y:10, Z:360, Scaling X:20, Y:20, Z:20, dan di bagian Load/Save Presets ketikkan Rumput pada Preset Name dan klik tombol Save.
• Pilih objek Rumput02 dan pada panel Create pilih Geometry dan ganti Standard Primitive dengan Compound Objects kemudian klik tombol Scatter. Klik tombol Pick Distribution Object dan klik Object Daratan pada viewpoint, di bagian Load/Save Presets dan klik tombol Load, dan di bagian Display -> Uniqueness -> Seed : 12346.
• Ulangi langkah sebelumnya untuk objek Rumput03 dan Rumput04 dengan nilai masing-masing untuk Uniqueness -> Seed : 12347, dan Uniqueness -> Seed : 12348.
• Aktifkan lagi jendela Material Editor dan terapkan MatRumput01 pada objek Daratan.
• Buatlah sebuah objek Camera Target dan letakkan di dalam viepoint dengan nilai koordinat Camera01.Target adalah X:-200,Y:200,Z:0, dan untuk nilai koordinat Camera adalah X:-200,Y:6,Z:26.
• Selagi objek Camera masih terseleksi aktifkan panel Modify dan di bagian Parameters ganti nilai Lens dengan 30.
• Kemudian tekan C pada keyboard untuk mengaktifkan viewpoint Camera.
• Pada panel Create pilih Lights dan klik objek Omni dan letakkan pada viewpoint.
• Kemudian klik kiri pada tool Select and Move dan klik kanan pada tool itu lagi dan isikan nilai untuk koordinat X:66,Y:-140,Z:150, pada bagian Absolute World.
• Pada panel Modify di bagian Shadow Parameters tandai pilihan On pada Atmosphere Shadows dan ganti nilai Size dengan 1024 pada bagian Shadow Map Params.
• Buat sebuah objek Omni lagi dan letakkan pada viewpoint dengan nilai koordinat X:-220,Y:-4,Z:28.
• Sekarang cobalah anda me-render-nya dengan menekan F9 pada keyboard, dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :
Untuk tutorial 3D MAX kali ini, saya akan memberitahukan bagaimana cara membuat objek rumput, jadi seperti gambar yang anda lihat disamping ini.
Berikut langkah-langkah dalam membuat objek rumput.
• Aktifkan viewpoint Front dan tekan kombinasi tombol Alt+W pada keyboard sehingga yang aktif di layar monitor kita hanya viewpoint Front saja.
• Pada panel Create pilih Shapes dan klik tombol Line.
• Hilangkan tanda cek pada pilihan Optimize di bagian Interpolation dan ganti nilai Steps : 4.
• Buka bagian Keyboard Entry dan tambahkan titik-titik koordinat berikut pada viewpoint Front X,Y,Z : -3,0,0 dan 3,0,0 dan 0,200,0, jika sudah selesai tekan tombol Close.
• Untuk melihat objek lebih jelas klik tool Zoom Extents.
• Aktifkan panel Modify dan dari Modifier List tambahkan Edit Mesh, sehingga anda akan mendapatkan 13 faces (permukaan) pada objek. Anda dapat mengeceknya melalui File -> Summary Info…
• Ganti nama objek tersebut dengan “Rumput01” di bagian atas panel Modify.
• Aktifkan panel Hierarchy dan klik tombol Affect Pivot Only dan klik kiri tool Select and Move di Toolbar dan kemudian klik kanan pada tool tersebut sehingga jendela Move Transform Type-In menjadi aktif.
• Di bagian bawah Absolute Word masukkan nilai 0,0,0 untuk semua X,Y,Z dan kemudian tutup jendela tersebut.
• Klik tombol Affect Pivot Only sekali lagi pada panel Hierarchy untuk menon-aktifkannya.
• Selagi objek Rumput01 masih dalam keadaan terseleksi, dari menu Tool pilih Array, kemudian pada jendela Array isi nilai X : 200 pada bagian Incremental, dan ganti nilai ID Count dengan 4 pada bagian Array Dimensions, dan pilih Copy pada bagian Type of Object, kemudian tekan tombol OK.
• Klik tool Zoom Extents untuk melihat 4 objek rumput dengan jelas.
• Pilih objek Rumput01 (yang paling kiri), dan dari panel Modify tambahkan Bend, kemudian isi nilai Angle : 20, Direction : 90, Bend Axis : Y.
• Rumput02 dan dari panel Modify tambahkan Bend, kemudian isi nilai Angle : 40, Direction : 90, Bend Axis : Y, tandai pilihan Limit Effect dan isi nilai Upper Limit : 150.
• Rumput03 dan dari panel Modify tambahkan Bend, kemudian isi nilai Angle : 70, Direction : 90, Bend Axis : Y, tandai pilihan Limit Effect dan isi nilai Upper Limit : 150.
• Rumput04 dan dari panel Modify tambahkan Bend, kemudian isi nilai Angle : 130, Direction : 90, Bend Axis : Y.
• Selanjutnya buka jendela Material Editor dengan menekan M pada keyboard.
• Kemudian pilih 4 buah slot dan beri nama masing-masing sbb : MatRumpu01, MatRumpu02, MatRumpu03, dan MatRumpu04.
• Setelah itu atur masing-masing material, untuk MatRumput01, warna Diffuse = RGB : 50,130,50, Glossiness : 50, Specular Level : 40 dan beri tanda cek pada pilihan 2-Sided di bagian Shader Basic Parameters.
• MatRumput02, warna Diffuse = RGB : 110,150,0, Glossiness : 50, Specular Level : 85 dan beri tanda cek pada pilihan 2-Sided di bagian Shader Basic Parameters. • MatRumput03, warna Diffuse = RGB : 60,110,40, Glossiness : 50, Specular Level : 85 dan beri tanda cek pada pilihan 2-Sided di bagian Shader Basic Parameters.
• MatRumput04, warna Diffuse = RGB : 70,140,70, Glossiness : 50, Specular Level : 85 dan beri tanda cek pada pilihan 2-Sided di bagian Shader Basic Parameters.
• Selanjutnya pilih objek pada viewpoint dan terapkan material yang telah anda dibuat sesuai namanya misalnya objek Rumput01 dengan MatRumput01 begitupun dengan objek lainnya, jika sudah selesai tutup jendela Material Editor.
• Sekarang aktifkan viewpoint Top dengan menekan T pada keyboard.
• Buatlah sebua objek geometry Box dengan nilai ukuran dan posisi yang anda harus masukkan pada bagian Keyboard Entry yaitu sbb : X=-200, Y=200, Z=0, Length=400, Width=400, Height=1, dan tekan tombol Create untuk membuat objek.
• Ganti namanya dengan “Dataran” dan klik tool Zoom Extents untuk melihat semua objek dengan jelas. • Pilih objek Rumput01 dan pada panel Utilities klik tombol Reset Xform dan Reset Selected dan kemudian pada panel Modify klik kanan pada bagian subobjek dan pilih Collapse All, dan pilih Yes dari kotak dialog Warning.
• Ulangi proses di atas untuk ke 3 objek rumput lainnya. • Pilih objek Rumput01 dan pada panel Create pilih Geometry dan ganti Standard Primitive dengan Compound Objects kemudian klik tombol Scatter.
• Klik tombol Pick Distribution Object dan klik Object Daratan pada viewpoint. Kemudian atur beberapa nilai berikut : di bagian Display pilih Proxy, Display : 10, tandai pilihan Hide Distribution Object, di bagian Scatter Object isi nilai Duplicates : 10000, Base Scale : 10, hilangkan tanda cek pada pilihan Perpendicular, dan pilih Area di Distribute Using, di bagian Transforms isi nilai Rotation X:10, Y:10, Z:360, Scaling X:20, Y:20, Z:20, dan di bagian Load/Save Presets ketikkan Rumput pada Preset Name dan klik tombol Save.
• Pilih objek Rumput02 dan pada panel Create pilih Geometry dan ganti Standard Primitive dengan Compound Objects kemudian klik tombol Scatter. Klik tombol Pick Distribution Object dan klik Object Daratan pada viewpoint, di bagian Load/Save Presets dan klik tombol Load, dan di bagian Display -> Uniqueness -> Seed : 12346.
• Ulangi langkah sebelumnya untuk objek Rumput03 dan Rumput04 dengan nilai masing-masing untuk Uniqueness -> Seed : 12347, dan Uniqueness -> Seed : 12348.
• Aktifkan lagi jendela Material Editor dan terapkan MatRumput01 pada objek Daratan.
• Buatlah sebuah objek Camera Target dan letakkan di dalam viepoint dengan nilai koordinat Camera01.Target adalah X:-200,Y:200,Z:0, dan untuk nilai koordinat Camera adalah X:-200,Y:6,Z:26.
• Selagi objek Camera masih terseleksi aktifkan panel Modify dan di bagian Parameters ganti nilai Lens dengan 30.
• Kemudian tekan C pada keyboard untuk mengaktifkan viewpoint Camera.
• Pada panel Create pilih Lights dan klik objek Omni dan letakkan pada viewpoint.
• Kemudian klik kiri pada tool Select and Move dan klik kanan pada tool itu lagi dan isikan nilai untuk koordinat X:66,Y:-140,Z:150, pada bagian Absolute World.
• Pada panel Modify di bagian Shadow Parameters tandai pilihan On pada Atmosphere Shadows dan ganti nilai Size dengan 1024 pada bagian Shadow Map Params.
• Buat sebuah objek Omni lagi dan letakkan pada viewpoint dengan nilai koordinat X:-220,Y:-4,Z:28.
• Sekarang cobalah anda me-render-nya dengan menekan F9 pada keyboard, dan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar